EDUKASI CUCI TANGAN PAKAI SABUN BERBASIS DESIGN THINKING BAGI ANAK USIA DINI DESA SINAR MAS ALAM
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpmrj.v10i1.3473
Abstract View: 106
Abstract
Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan kebiasaan penting dalam menjaga kebersihan dan mencegah penyebaran penyakit menular, terutama pada anak usia dini. Namun, di Desa Sinar Mas Alam, Kabupaten Lampung Utara, kesadaran mengenai pentingnya CTPS masih rendah akibat keterbatasan edukasi kesehatan dan fasilitas pendukung. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kebiasaan CTPS melalui pendekatan Design Thinking (DT) yang berfokus pada lima tahapan: empati, perumusan masalah, ideasi, prototipe, dan pengujian. Program edukasi ini diterapkan di PAUD Desa Sinar Mas Alam dengan metode interaktif, seperti lagu dan simulasi cuci tangan langsung, untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif. Hasil evaluasi menunjukkan adanya perubahan perilaku positif di kalangan anak-anak PAUD, yang mulai menerapkan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun di lingkungan sekolah. Keberhasilan program ini menunjukkan bahwa pendekatan DT dapat menjadi strategi edukasi yang efektif dan berkelanjutan, di mana anak-anak PAUD berperan sebagai agen perubahan dalam meningkatkan kesadaran akan pola hidup sehat di lingkungan yang lebih luas.
