Hubungan Antara Parent and Peer Attachment terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung

Authors

  • Dicky Auliansyah
  • Dwita oktaria
  • Oktafany Oktafany
  • Merry Indah Sari

Abstract

Motivasi menjelaskan hal yang membuat orang melakukan sesuatu, membuat mereka tetap melakukannya, dan membantu mereka dalam menyelesaikan tugas-tugas. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi adalah lingkungan. Attachment menjadi faktor penting karena menjadi dasar untuk berinteraksi dalam mengekplorasi lingkungan secara independen. Dukungan orang tua dan teman dianggap sebagai faktor yang sangat penting dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara parent and peer attachment terhadap motivasi belajar. Desain penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Terdapat 157 responden yang mengikuti penelitian ini. Kelekatan  mahasiswa dinilai dengan Inventory Parent and Peer Attachment dan motivasi dengan Motivated Strategies for Learning Questionnaire. Hasil penelitian 99,4% responden memiliki kelekatan secure dan 0,6% memiliki kelekatan insecure terhadap
parent attachment. 98,1% responden memiliki kelekatan secure dan 1,9% memiliki kelekatan insecure terhadap peer attachment. 3,2% responden memiliki motivasi rendah dan 96,8% responden memiliki motivasi tinggi. Hasil analisis statistik menggunakan uji Fisher menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara parent attachment dengan motivasi belajar
(p = 0,968) dan tidak ada hubungan antara peer attachment dengan motivasi belajar (p = 0,907), sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara parent and peer attachment terhadap motivasi belajar mahasiswa tingkat pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.

Kata kunci : IPPA (Inventory parent and peer attachment), MSLQ (Motivated Strategies for Learning Questionnaire),
motivasi belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Auliansyah, D., oktaria, D., Oktafany, O., & Sari, M. I. (2020). Hubungan Antara Parent and Peer Attachment terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Majority, 9(2). Retrieved from http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/2855

Issue

Section

Artikel Penelitian