Perbedaan Skor Self-Directed Learning Readiness (SDLR) antara Tahun Pertama dan Tahun Ketiga Mahasiswa Angkatan 2014 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung

Tarrinni Inastyarikusuma, Oktafany Oktafany, Diana Mayasari

Abstract


Self-directed learning (SDL) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang diterapkan di fakultas kedokteran. Metode ini menitikberatkan pada kemampuan inisiasi individu guna menghadapi masalah yang sedang dihadapi. Kemampuan tersebut dapat mengalami perubahan dari tahun ke tahun dan mempengaruhi performa pembelajaran mahasiswa selama perkuliahan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan longitudinal pada September-Desember 2016 menggunakan teknik sampling berupa total sampling dengan 209 responden yang merupakan mahasiswa angkatan 2014 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Variabel independen adalah skor SDLR responden di tahun pertama dan variabel dependen adalah skor SDLR responden di tahun ketiga yang diukur dengan kuesioner Self-Directed Learning Readiness Scale (SDLRS) modifikasi Zulharman et al. (2009). Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dengan α 0,05. Hasil didapatkan p value = 0,218 pada penelitian dengan skor retata SDLR yang didapat pada tahun pertama adalah 137 dan pada tahun ketiga adalah 136. Sehingga, didapatkan kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan skor SDLR antara tahun pertama dan tahun ketiga mahasiswa angkatan 2014 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.
Kata kunci: mahasiswa tahun pertama, mahasiswa tahun ketiga, pembelajaran mandiri, self-directed learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.