Persepsi Mahasiswa terhadap Umpan Balik yang Diberikan dalam Diskusi Problem-Based Learning di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung: Sebuah Studi Kualitatif

Grace Sara, Oktafany Oktafany, Rizki Hanriko

Abstract


Umpan balik adalah suatu unsur penting dalam kegiatan pembelajaran khususnya diskusi Problem-Based Learning. Perbedaaan persepsi mengenai umpan balik dapat menghambat keberhasilan umpan balik yang telah diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara mendalam persepsi mahasiswa terhadap umpan balik dalam diskusi Problem-Based Learning. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan utama dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari angkatan 2014-2016. Pengambilan data utama melalui diskusi kelompok terfokus, sedangkan sebagai triangulasi data, peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Didapatkan berbagai persepsi mahasiswa mengenai definisi, manfaat, proses pemberian dan faktor yang mempengaruhi persepsi umpan balik mancakup faktor yang mempengaruhi penerimaan maupun pemberian umpan balik. Presepsi mahasiswa terhadap definisi dan manfaat umpan balik adalah informasi dan tanggapan atas kinerja yang telah dilakukan, dalam bentuk kritik atau apresiasi dan saran sehingga mengetahui apa yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kinerja tersebut di masa mendatang. Proses pemberian umpan balik dalam pelaksanaannya cukup sering diberikan, general, bersifat dua arah, memfasilitasi self-assessment mahasiswa, waktu pemberian tergantung kinerja mahasiswa, secara kualitas masih tertuju pada kekurangan yang terdapat dalam kinerja. Persepsi mahasiswa selaras dengan dosen dalam pengertian dan manfaat umpan balik dalam diskusi tutorial. Umpan balik sering diberikan namun kualitas nya belum cukup baik karena faktor mahasiswa, dosen dan proses umpan balik saling mempengaruhi satu sama lain dalam menunjang efektifitas umpan balik.
Kata kunci : fakultas kedokteran, persepsi, Problem-Based Learning, umpan balik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.