Persepsi Mahasiswa terhadap Peer-Assisted Learning dalam Proses Pembelajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung: Sebuah Studi Kualitatif

Muhammad Rifath Akbar, Dwita Oktaria, Khairun Nisa, Merry Indah Sari

Abstract


Peer assisted learning (PAL) merupakan salah satu metode pembelajaran yang digunakan di Fakultas kedokteran Universitas Lampung. PAL merupakan pembelajaran yang dilakukan oleh sesama mahasiswa dan tidak melibatkan dosen profesional dalam prosesnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara mendalam persepsi mahasiswa terhadap PAL dalam proses pembelajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan teknik pengambilan partisipan penelitian ini dengan maximal variation sampling. Partisipan utama dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari angkatan 2016 dan 2015 yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari pria dan wanita yang merupakan peer tutor, dan peer tutees. Pengambilan data utama melalui diskusi kelompok terfokus sebanyak 3 kali, sedangkan sebagai triangulasi data peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam dengan dosen mata kuliah yang menyelenggarakan PAL dan observasi pada kegiatan PAL. Terdapat berbagai persepsi mahasiswa mengenai definisi dan manfaat PAL, serta faktor yang mempengaruhi PAL yaitu mencakup faktor yang mendukung seperti komunikasi yang baik dari peer tutor dan materi yang diberikan oleh peer tutor sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Faktor yang menghambat proses pelaksanaan PAL antara lain kesiapan pelaksanaan, kesiapan peer tutor, dan kesiapan peer tutees. Selain itu, juga terdapat persepsi mahasiswa terkait harapan untuk pelaksanaan PAL yaitu penerapan PAL dalam CSL, pemanfaatan teknologi, dan evaluasi dalam pelaksanaannya. Persepsi mahasiswa mengenai PAL yaitu peer tutor dan peer tutees satu sama lain saling mempengaruhi dalam pelaksanaannya.
Kata Kunci: peer assisted learning, peer tutees, peer tutor, persepsi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.