Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMP Negeri 22 Bandar Lampung
Abstract
Prestasi belajar dipengaruhi beberapa faktor yaitu faktor endogen seperti fisologis(status gizi dan panca indera) dan psikologisintelegensi (IQ, EQ,SQ). Selain itu faktor eksogen juga berpengaruh dalam prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan status gizi dengan prestasi belajar.Penelitian ini dilakukan pada 107 siswa SMP Negeri 22 Bandar Lampung. Metode yang dipakai adalah cross-sectionaldengan teknik sampling adalah propotionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukan tingkat kecerdasan emosional siswa kategori baik sebanyak 46,7% siswa; kategori cukup 29,9% siswa dan kategori kurang 23,4% siswa. Status gizi siswa dalam kategori kurus sebanyak 18,7% siswa; kategori normal 61,7% siswa dan kategori gemuk 19,6% siswa. Prestasi belajar siswa dalam kategori tinggi sebanyak 24,3%; kategori sedang 50,5% dan dalam kategori rendah 24,3%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional (p=0,006)dan prestasi belajar memiliki hubungan yang bermaknaserta status gizi dan prestasi belajar memiliki hubungan yang bermakna(p=0,00)secara statistik.
Kata kunci: Kecerdasan emosional, prestasi belajar, status gizi