Efektivitas Collaborative Learning dan Independent Learning terhadap Pengetahuan pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung

Bisart Benedicto Ginting, Rika Lisiswanti, Efrida Warganegara, Dwita Oktaria

Abstract


Belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Pembelajaran berarti suatu kegiatan yang berupaya membelajarkan peserta didik secara terintegrasi dengan memperhitungkan faktor lingkungan belajar, karakteristik siswa, karakteristik bidang studi, serta berbagai strategi pembelajaran baik penyampaian, pengelolaan, maupun pengorganisasian pembelajaran. Seorang mahasiswa yang baru masuk perguruan tinggi perlu menyesuaikan diri dengan lingkungannya agar
mereka dapat terbiasa dan dapat membaur dengan lingkungan yang nantinya dapat mempengaruhi prestasi akademiknya. Inti proses belajar adalah perubahan pada diri individu dalam aspek pengetahuan, sikap, keterampilan, dan kebiasaan sebagai produk dan interaksinya dengan lingkungan. Strategi pembelajaran dibutuhkan pembelajar agar maksimal dalam proses belajar dan metode yang sering digunakan adalah collaborative learning dan independent learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas collaborative learning dan independent learning terhadap pengetahuan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Sampel dilakukan penilaian pre-test terlebih dahulu sebelum diberikan intervensi dan dilakukan post-test setelahnya. Hasil dari pre-test dan post-test akan dibandingkan untuk melihat apakah strategi belajar collaborative learning lebih baik dibanding independent learning. Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pengetahuan mahasiswa antara kelompok collaborative learning dan independent learning. Sehingga penting untuk meneliti tentang strategi belajar di lingkup mahasiswa kedokteran untuk meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci: collaborative learning, independent learning, strategi pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.