Penilaian Kemampuan Clinical Reasoning Mahasiswa Kedokteran Menggunakan Clinical Performance Examination dan Objective Structured Clinical Examination

Rika Lisiswanti, Topaz Kautsar Tritama

Abstract


Kemampuan penalaran klinis/clinical reasoning dalam pendidikan kedokteran adalah kemampuan mahasiswa untuk mengintegrasikan pengetahuan teoritis dan pengetahuan klinisnya pada pasien untuk membentuk representasi masalah dari suatu kasus secara analitis dan kemudian memberikan solusi terhadap masalah tersebut. Kemampuan ini sangat penting bagi mahasiswa kedokteran yang merupakan salah satu kemampuan yang harus dipunyai sebagai seorang dokter. Kemampuan penalaran ini dalam pendidikan dapat dinilai dengan berbagai macam cara penilaian yang disesuaikan dengan institusi pendidikan kedokteran. Artikel ini membahas tentang cara penilaian kemampuan penalaran klinis mahasiswa kedokteran melalui ujian pemeriksaan klinis dalam bentuk Clinical Performance Examination (CPX) dan Objective Structured Clinical Examination (OSCE), merupakan bentuk pemeriksaan kinerja klinis yang dapat digunakan untuk mengevaluasi penalaran klinis. Dengan pendekatan menggunakan metode ujian pemeriksaan klinis, dapat dilakukan evaluasi terhadap kemampuan penalaran klinis mahasiswa kedokteran, dengan melakukan pendekatan sistematik terhadap tanda dan gejala yang didapatkan dari pasien.


Kata kunci: clinical performance examination, mahasiswa kedokteran, objective structured clinical examination, penalaran
klinis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.