PELATIHAN MENJADI FASILITATOR BAGI DOSEN PENDIDIKAN KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG

Authors

  • Rika Lisiswanti Fakultas Kedokteran Universitas Lampung
  • Oktafany Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung
  • Ety Apriliana Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung
  • Hanna Mutiara Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung
  • Ratna Dewi Puspita Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung
  • M. Ricky Rahmadian Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpmrj.v10i1.3468
Abstract View: 86

Abstract

Problem-based learning adalah salah satu metode pembelajaran di pendidikan kedokteran. Kegiatan pembelajaran PBL dilaksanakan dalam diskusi dalam bentuk kelompok kecil. Diskusi dicetuskan dengan memberikan suatu kasus/masalah kemudian mahasiswa menentukan kebutuhan belajarnya kemudian bertemu lagi untuk membagi hasil belajarnya. PBL dibutuhkan beberapa komponen yaitu masalah/skenario, sumber pembalajaran, tujuan pembelajaran, perilaku dalam kelompok dan menghadapi skenario klinik, proses belajar PBL sendiri, motivasi dan self-directed learning mahasiswa. Untuk menfasilitasi PBL diperlukan pelatihan untuk dosen untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang baik dalam memfasilitasi mahasiswa. Pelatihan ini dilaksanakan pada 21 September 2024 di Gedung A Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (FK Unila). Jumlah peserta yang hadir sebanyak 31 dosen FK Unila. Metode yang dilakukan adalah pemberian materi, latihan kelompok dan refleksi menjadi fasilitator. Hasil pengabdian ini menunjukan bahwa ada peningkatan pengetahuan 87,09% esertsa terlaksananya latihan sehingga para peserta dapat menjadi fasilitator.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Lisiswanti, R., Oktafany, O., Apriliana, E., Mutiara, H., Puspita, R. D., & Rahmadian, M. R. (2025). PELATIHAN MENJADI FASILITATOR BAGI DOSEN PENDIDIKAN KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG. JPM (Jurnal Pengabdian Masyakat) Ruwa Jurai, 10(1), 127–130. https://doi.org/10.23960/jpmrj.v10i1.3468

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>