Upaya Peningkatan Pengetahuan Ibu Dalam Pencegahan Diare Pada Balita Di Posyandu Anugrah Desa Negara Ratu Lampung Selatan

Authors

  • Diana Mayasari Fakultas Kedokteran Universitas Lampung
  • Dian Isti Angraini Fakultas Kedokteran Universitas Lampung
  • fitria Saftarina Fakultas Kedokteran Universitas Lampung
  • Novita Carolia Fakultas Kedokteran Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpmrj.v9i2.3371
Abstract View: 168

Abstract

Posyandu merupakan pusat pelayanan kesehatan berbasis masyarakat yang berfokus pada peningkatan gizi, kesehatan ibu dan anak, serta edukasi kesehatan. Salah satu masalah utama di Desa Negara Ratu adalah tingginya angka kejadian diare pada balita. Diare dapat mengganggu pertumbuhan anak dan berkontribusi pada angka kesakitan dan stunting. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu-ibu di Desa Negara Ratu mengenai pencegahan diare pada balita melalui penyuluhan kesehatan di Posyandu Anugrah. Materi penyuluhan berjudul "Atasi Diare Anak (ADA)",  penyuluhan dilaksanakan dengan metode ceramah dan bermain peran, yang diikuti oleh 30 ibu-ibu dengan balita. Evaluasi dilakukan menggunakan pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta. Hasil menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 7,26 menjadi 8,3, menandakan peningkatan pengetahuan yang signifikan dan menandakan adanya peningkatan pemahaman yang signifikan terhadap materi penyuluhan. Penyuluhan ini diharapkan dapat memperkuat peran Posyandu dalam mengedukasi masyarakat mengenai perilaku hidup bersih dan sehat khususnya dalam mencegah kejadian diare pada bayi dan balita.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-22

How to Cite

Mayasari, D., Isti Angraini, D. ., Saftarina, fitria, & Carolia, N. (2024). Upaya Peningkatan Pengetahuan Ibu Dalam Pencegahan Diare Pada Balita Di Posyandu Anugrah Desa Negara Ratu Lampung Selatan. JPM (Jurnal Pengabdian Masyarakat) Ruwa Jurai, 9(2), 35–40. https://doi.org/10.23960/jpmrj.v9i2.3371

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2