Workshop Penulisan Soal Uji Kompetensi - Objective Structured Clinical Examination (UK-OSCE) bagi Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Lampung

Authors

  • Oktadoni Saputra
  • Rika Lisiswanti
  • Ety Aprilliana
  • Reni Zuraida

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpmrj.v1i1.1146
Abstract View: 196

Abstract

Menulis soal dalam rangka evaluasi hasil belajar mahasiswa merupakan salah satu kompetensi yang harus dipunyai oleh seorang dosen. Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) yang terdiri diri
CBT dan OSCE merupakan suatu exit exam yang harus dilalui sebelum mahasiswa dilantik menjadi dokter. Kegiatan pengabdian ini merupakan suatu bentuk workshop penulisan soal yang bertujuan untuk  meningkatkan pemahaman serta kemampuan menulis soal UK-OSCE bagi dosen serta menambah jumlah bank soal OSCE di FK Unila. Dari kegiatan ini dihasilkan 23 butir template soal UK-OSCE yang sudah baik namun bervariasi dari sisi kelengkapan soal. Dari evaluasikegiatan didapatkan peningkatan pengetahuan serta kemampuan peserta dalam menulis soal UK-OSCE. Kesulitan dalam penyelenggaraan lebih bersifat kendala teknis seperti kendala teknis dalam penyiapan jaringan internet serta kelengkapan peralatan komputer saat penulisan soal. Kegiatan ini
cukup mendapatkan respon positif dari peserta dan institusi. Perlu dilakukan kegiatan serupa secara rutin untuk judul soal yang lainnya dan perlu diadakan review ataupun tela’ah terhadap soal-soal UK-OSCE yang telah dihasilkan.
Kata Kunci: uji kompetensi mahasiswa, UK-OSCE, penulisan soal

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-10-01

How to Cite

Saputra, O., Lisiswanti, R., Aprilliana, E., & Zuraida, R. (2015). Workshop Penulisan Soal Uji Kompetensi - Objective Structured Clinical Examination (UK-OSCE) bagi Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. JPM (Jurnal Pengabdian Masyakat) Ruwa Jurai, 1(1), 47–51. https://doi.org/10.23960/jpmrj.v1i1.1146

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>