Pengaruh Tingkat Prokrastinasi Akademik dan Kecanduan Smartphone terhadap Prestasi Akademik pada Mahasiswa Aktif Program Studi Farmasi Universitas Lampung Pasca Pandemi Covid-19
Abstract
Pandemi Covid-19 pada tahun 2020 hingga 2022 banyak mengubah perilaku belajar mahasiswa. Dampaknya yaitu tingkat kecanduan smartphone naik akibat kebutuhan teknologi penunjang pendidikan yang meningkat, sehingga membuat penggunaan smartphone juga meningkat. Penggunaan smartphone di luar fungsi akademik berpengaruh terhadap
meningkatnya perilaku prokrastinasi akademik, yaitu penundaan pekerjaan dan tugas akademik. Penelitian terdahulu banyak yang telah membuktikan bahwa perilaku prokrastinasi akademik dan kecanduan smartphone memiliki keterkaitan dan mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat
prokrastinasi akademik dan kecanduan smartphone terhadap prestasi akademik pada mahasiswa aktif Program Studi Farmasi Universitas Lampung pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 209 responden. Alat ukur yang digunakan berupa Academic Procrastination Scale, Smartphone Addiction Scale-Short Version, dan data indeks prestasi kumulatif (IPK) dari situs akademik Universitas
Lampung. Berdasarkan analisis korelasi dengan uji Rank Spearman, didapatkan bahwa tidak terdapat pengaruh bermakna antara prokrastinasi akademik dan prestasi akademik (p=0,997), serta tidak ditemukan pula pengaruh yang signifikan antara kecanduan smartphone dan prestasi akademik (p=0,137) pada mahasiswa aktif Program Studi Farmasi Universitas Lampung pasca pandemi Covid-19.
Kata Kunci: kecanduan smartphone, prestasi akademik, prokrastinasi akademik
meningkatnya perilaku prokrastinasi akademik, yaitu penundaan pekerjaan dan tugas akademik. Penelitian terdahulu banyak yang telah membuktikan bahwa perilaku prokrastinasi akademik dan kecanduan smartphone memiliki keterkaitan dan mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat
prokrastinasi akademik dan kecanduan smartphone terhadap prestasi akademik pada mahasiswa aktif Program Studi Farmasi Universitas Lampung pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 209 responden. Alat ukur yang digunakan berupa Academic Procrastination Scale, Smartphone Addiction Scale-Short Version, dan data indeks prestasi kumulatif (IPK) dari situs akademik Universitas
Lampung. Berdasarkan analisis korelasi dengan uji Rank Spearman, didapatkan bahwa tidak terdapat pengaruh bermakna antara prokrastinasi akademik dan prestasi akademik (p=0,997), serta tidak ditemukan pula pengaruh yang signifikan antara kecanduan smartphone dan prestasi akademik (p=0,137) pada mahasiswa aktif Program Studi Farmasi Universitas Lampung pasca pandemi Covid-19.
Kata Kunci: kecanduan smartphone, prestasi akademik, prokrastinasi akademik
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23960/jkunila71%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Statistics Counter since 23 November 2019
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.