Hubungan Gaya Belajar dan Pendekatan Belajar terhadap Hasil Ujian Praktikum Anatomi pada Mahasiswa Kedokteran Angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung

Authors

  • Karen Kuniya
  • Dwita Oktaria
  • Gigih Setiawan
  • Rika Lisiswanti

Abstract

Hasil belajar merupakan parameter keberhasilan proses pembelajaran. Praktikum merupakan bagian dari proses pembelajaran yang bertujuan agar mahasiswa dapat mempraktikan teori yang didapat. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar, seperti learning style dan learning approach. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dan pendekatan belajar terhadap hasil ujian praktikum anatomi angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi sebesar 187 dengan sampel sebanyak 150 responden dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner R-SPQ-2F dan kuesioner VARK. Uji analisis menggunakan uji chi-square. Pada penelitian ini, mayoritas responden (93,3%) menggunakan deep approach. Kinestetik dan audio adalah gaya belajar dominan yakni masing-masing sebesar (37,3%). Tingkat kelulusan pada ujian praktikum anatomi sebesar 25,3%. Hasil uji chi square didapatkan nilai p sebesar 0,26 untuk gaya belajar dan 0,27 untuk pendekatan belajar (p>0,05). Tidak terdapat hubungan bermakna antara gaya belajar dan pendekatan belajar terhadap hasil ujian praktikum anatomi angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.
Kata Kunci: Anatomi, Learning Approach, Learning Style, Praktikum

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-03-05

How to Cite

Kuniya, K., Oktaria, D., Setiawan, G., & Lisiswanti, R. (2018). Hubungan Gaya Belajar dan Pendekatan Belajar terhadap Hasil Ujian Praktikum Anatomi pada Mahasiswa Kedokteran Angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Majority, 7(2), 1–6. Retrieved from http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/1845

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>