Decompensatio Cordis NYHA III pada Wanita Usia 29 Tahun G2P1A0 dengan Preeklampsia Berat dan Obesitas

Evi Kurniawaty, Nisrina Pradya

Abstract


Latar Belakang : Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan topik yang tetap menjadi sorotan di mata dunia. Dari 158 kasus AKI di Provinsi Lampung pada tahun 2013, 46 kasus disebabkan oleh preeklampsia-eklampsia. Sedangkan di negara barat gagal jantung merupakan penyebab utama AKI selama masa kehamilan.

Kasus: Ny. L, 29 tahun, G2P1A0 usia kehamilan 37-38 minggu datang dalam keadaan Inpartu Kala I fase Laten. Pasien juga mengeluh sesak sejak 3 hari sebelum masuk rumah sakit, sesak dirasa terutama dalam posisi tidur, dan membaik dengan posisi duduk. sejak mulai terasa mulas-mulas, pasien merasa sesak semakin berat dan tidak dapat melakukan aktifitas. Pasien juga batuk tidak berdahak dan bengkak pada kedua kaki sejak 3 minggu yang lalu. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 180/100 mmHg, Nadi 124x/menit, pernafasan 40x/menit, dan suhu 36,1oC. Pada pemeriksaan penunjang didapatkan leukositosis, proteinuria (++++), edema pulmo, cardiomegali dan sinus ventrikular takikardi.
Simpulan : Berdasarkan anamnesis, pemeriksaan fisik dan penunjang diagnosis pada pasien ini adalah G2P1A0 usia Ibu 29 tahun usia kehamilan 37-38 minggu, janin tunggal hidup intra uterin, presentasi kepala punggung kanan, Inpartu Kala I Fase Laten dengan Decompensatio Cordis NYHA III dan Preeklampsia Berat.


Kata kunci : decomp cordis, preeklampsia


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.