Manajemen Waktu pada Mahasiswa: Studi Kualitatif pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Lampung

Merry Indah Sari, Rika Lisiswanti, Oktafany Oktafany

Abstract


Pendidikan tinggi menggunakan pembelajaran orang dewasa. Fakultas kedokteran menggunakan strategi student centered learning pada proses pembelajaran. Strategi memiliki karakteristik adanya pembelajaran yang aktif dan mandiri. Mahasiswa diharapkan mampu untuk memutuskan mengenai apa, kapan, metode dan bagaimana cara belajar. Banyaknya aktifitas pembelajaran di fakultas kedokteran serta aktifitas lainnya yang dilakukan mahasiswa menuntut mahasiswa untuk dapat melakukan manajemen waktu yang baik. Kegiatan organisasi, kegiatan bermain ataupun istirahat merupakan kegiatan yang harus dapat diatur dengan baik waktu pelaksanaanya. Kurangnya manajemen waktu dapat berakibat pada hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui manajemen waktu mahasiswa berhubungan dengan proses belajar
mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dilakukan pengumpulan data pada 50 orang mahasiswa yang dibagi menjadi 5 kelompok FGD. Data kemudian ditranskrip, dilakukan koding dan dikelompokkan dalam kategori. Didapatkan sebagian besar mahasiswa belum memiliki manajemen waktu yang baik. Mahasiswa masih melakukan kegiatan sehari secara spontan. Kurangnya manajemen waktu sehari hari menyebabkan mahasiswa belajar dalam porsi yang lebih
banyak saat ujian. Manajemen waktu merupakan pengaturan diri untuk menggunakan waktu seefektif mungkin untuk mencapai tujuan. Manajemen waktu dapat mengarahkan proses belajar mahasiswa. Manajemen waktu belajar yang kurang baik menyebabkan mahasiswa menggunakan pendekatan surface learning dalam belajar. Hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan keterampilan manajemen waktu dengan
memperhatikan aspek aspek yang harus dihindari dan harus dilakukan.
Kata kunci : kualitatif, manajemen waktu, pembelajaran aktif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.