Hubungan Asupan Energi, Asupan Protein, Status Gizi Terhadap Tingkat Prestasi Akademik Siswa Akselerasi Dan Non Akselerasi Di Sma N 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2011/2012
Abstract
Keseimbangan asupan makanan dengan status gizi khususnya energi dan protein sangat mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan, kecerdasan, kesehatan, aktivitas anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asupan energi, asupan protein, dan status gizi terhadap prestasi belajar siswa akselerasi dan non akselerasi di SMA N 2 Bandar Lampung T.A 2011/2012. Penelitian ini dilakukan dengan metode observasional dengan pendekatan cross-sectional. Jumlah sampel sebanyak 36 dari 227 siswa dengan teknik pengambilan sampel secara total sampling siswa akselerasi dan judgemental sampling siswa non akselerasi. Hasil penelitian kelas akselerasi terdapat 1 (5,6%) siswa memiliki asupan energi dan protein kurang, 17 (94,4%) siswa dengan asupan energi dan protein cukup, 6 (33,37%) siswa memiliki status gizi tidak normal, 12 (66,67%) siswa dengan status gizi normal, kelas non akselerasi, 3 (16,7%) siswa memiliki asupan energi dan protein kurang,15 (83,3%) siswa memiliki asupan energi dan protein cukup, 5 (27,78%) siswa dengan status gizi tidak normal,13 (72,22%) siswa memiliki status gizi normal. Analisis Bivariat menunjukkan ada hubungan antara asupan energi protein dengan prestasi belajar (p=0,043) pada kelas non akselerasi sedangkan status gizi tidak berhubungan dengan prestasi belajar (p=1,000). Pada kelas akselerasi tidak dapat diuji secara statistik.Downloads
Download data is not yet available.
Published
2012-09-16
How to Cite
Timanta Tarigan, E., & Zuraida, M.Si, dr. R. (2012). Hubungan Asupan Energi, Asupan Protein, Status Gizi Terhadap Tingkat Prestasi Akademik Siswa Akselerasi Dan Non Akselerasi Di Sma N 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2011/2012. Majority, 1(1). Retrieved from https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/22
Issue
Section
Artikel Penelitian