Peranan Pendekatan Belajar dalam Pendidikan Kedokteran

Authors

  • Adinda Ayu Lintang S
  • Dwita Oktaria

Abstract

Mahasiswa kedokteran belajar menggunakan kurikulum berbasis kompetensi dengan metode pembelajaran berdasarkan masalah (problem-based learning/PBL). Metode ini adalah metode yang lebih berfokus pada mahasiswa (student-centered) sehingga peran mahasiswa lebih aktif dibandingkan dengan dosen. Dalam PBL, mahasiswa akan berdiskusi dalam kelompok belajar kecil untuk memecahkan masalah yang sesuai dengan topik yang sedang dipelajari. Namun, tidak semua mahasiswa dapat mengadopsi metode pembelajaran ini karena setiap individu memiliki pendekatan pembelajaran yang berbeda-beda.Konsep pendekatan belajar telahbanyak diteliti karena berhubungan dengan tingkat pemahaman dan hasil belajar mahasiswa. Pendekatanbelajardapatdigolongkanmenjaditiga, antara lainpendekatanbelajarmendalam (deep learning approach), dangkal (surface learning approach) danstrategic/achieving approach.Pendekatan belajar mendalam merupakan pendekatan belajar terbaik yang disarankan untuk digunakan dalam proses belajar bagi mahasiswa kedokteran. Dalam pendekatan ini, mahasiswa membaca dan memahami topik secara mendalam untuk memenuhi keingintahuannya akan pengetahuan. Pada pendekatan dangkal, mahasiswa hanya belajar sesuai dengan materi yang diperlukan karena takut tidak dapat menjawab pertanyaan dan gagal dalam ujian. Sedangkan, mahasiswa dengan strategic/achieving approachlebih berfokus pada kompetisi dan keinginan untuk mencapai nilai terbaik. Berbagai faktor mempengaruhi pendekatan belajar mahasiswa kedokteran sehingga tidak semua mahasiswa mampu mengadopsi pendekatan belajar mendalam. Konsep pendekatan belajar mendalam sebaiknya diajarkan dan dapat diimplementasikan oleh mahasiswa kedokteran agar menjadi dokter yang lebih berkualitas.
Kata kunci: mahasiswa kedokteran, pendekatan belajar, problem-based learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-03-27

How to Cite

Lintang S, A. A., & Oktaria, D. (2018). Peranan Pendekatan Belajar dalam Pendidikan Kedokteran. Jurnal Kesehatan Dan Agromedicine, 4(2), 342–347. Retrieved from https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/agro/article/view/1812

Most read articles by the same author(s)