Fasilitasi Pembelajaran Kelas Besar di Pendidikan Kedokteran Tingkat Sarjana

Merry Indah Sari, Dian Isti Angraini

Authors

  • Merry Indah Sari Fakultas Kedokteran Universitas Lampung
  • Dian Isti Angraini Faculty of Medicine, Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/jkunila.v9i2.pp288-292
Abstract View: 0

Abstract

Perkembangan pendidikan kedokteran dan peningkatan kebutuhan tenaga kesehatan menyebabkan semakin meningkatnya jumlah mahasiswa kedokteran. Pertambahan jumlah mahasiswa menyebabkan pembelajaran kelas besar menjadi pilihan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran kelas besar memilki tantangan dalam hal keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran dan pemberian umpan balik serta penerapan student centered learning. Dalam proses pembelajaran kelas besar, dosen bukan hanya penyampai informasi namun fasilitator pengalaman belajar bagi mahasiswa. Strategi pembelajaran aktif, kolaboratif dalam fasilitasi kelas besar yang dapat menjadi alternatif diantaranya adalah team-based learning, flipped classroom, case-based learning, jigsaw technique dan project-based learning. Integrasi teknologi seperti penggunaan audience response system Mentimeter, dan Kahoot! dalam berbagai strategi ini meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran dan memberi kesempatan untuk melakukan evaluasi dan pemberian umpan balik. Kesiapan dosen untuk merancang desain instruksional yang sesuai dan menggunakan teknologi, kesiapan mahasiswa untuk belajar mandiri dan turut berpartisipasi, serta kesiapan institusi untuk mendukung sarana prasarana dan manajemen sumber daya manusia merupakan faktor yang memiliki peran dalam mendukung keberhasilan fasilitasi kelas besar. Penerapan segera fasilitasi pembelajaran kelas besar yang mendukung student-centered learning ini dengan menggunaan desain terstruktur yang jelas dapat meningkatkan peran aktif mahasiswa dan keberhasilan pembelajaran mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dian Isti Angraini, Faculty of Medicine, Universitas Lampung

Bagian Ilmu Kedokteran Komunitas dan Kesehatan Masyarakat

Downloads

Published

2025-12-27

How to Cite

Sari, M. I., & Angraini, D. I. (2025). Fasilitasi Pembelajaran Kelas Besar di Pendidikan Kedokteran Tingkat Sarjana: Merry Indah Sari, Dian Isti Angraini. Jurnal Kedokteran Universitas Lampung, 9(2), 288–292. https://doi.org/10.23960/jkunila.v9i2.pp288-292

Issue

Section

Home Page

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>