Peran Prior Knowledge terhadap Kemampuan Kognitif Mahasiswa Kedokteran dalam Tutorial

Authors

  • Utami Sulistyo Ningsih
  • Umatul Khoiriyah

DOI:

https://doi.org/10.23960/jkunila.v1i2.pp302-307
Abstract View: 878

Abstract

Dalam metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL), diterapkan sistem tutorial yang menggunakan skenario sebagai trigger. Melalui skenario tersebut mahasiswa dapat membangun suatu bangunan ilmu pengetahuan baru untuk memperkuat ilmu pengetahuan yang sudah ada sebelumnya. Di setiap akhir skenario pada diskusi tutorial akan di
laksanakan minikuis, sebagai bentuk evaluasi untuk menilai hasil belajar mahasiswa. Melalui minikuis ini kemampuan kognitif mahasiswa dapat dinilai. Prior knowledge merupakan faktor utama yang akan mempengaruhi pengalaman belajar, sehingga prior knowledge dapat berperan terhadap kemampuan kognitif mahasiswa dalam bentuk minikuis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis dengan pendekatan cross sectional. Kemampuan kognitif mahasiswa dapat diketahui berdasarkan nilai minikuis. Data diperoleh melalui nilai minikuis mahasiswa, yaitu minikuis skenario 3 Blok 2.5 (Trauma and Injury) dan minikuis skenario 5 Blok 3.5 (Adulthood Problem II ). Jumlah sampel sebanyak 117. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman rank, yang terlebih dahulu di uji dengan uji Kolmogorov smirnov untuk mengetahui distribusi data tersebut. Melalui hasil uji korelasi Spearman rank diperoleh koefisien korelasi (r = 0,101) menunjukkan
kekuatan korelasi lemah. Sedangkan nilai Sig 0,277 (p > 0.05) yang artinya tidak terdapat korelasi yang signifikan antara variabel yang dihubungkan, yaitu nilai minikuis skenario 3 Blok 2.5 dengan nilai minikuis skenario 5 Blok 3.5. Ini menunjukkan bahwa prior knowledge belum sepenuhnya berperan terhadap kemampuan kognitif mahasiswa dalam tutorial. Hal ini mungkin berkaitan dengan aktivasi prior knowledge, skenario yang di sajikan dan peran tutor sebagai fasilitator. [JK Unila. 2016; 1(2)]
Kata kunci : nilai minikuis, prior knowledge, tutorial PBL

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-10-01

How to Cite

Ningsih, U. S., & Khoiriyah, U. (2016). Peran Prior Knowledge terhadap Kemampuan Kognitif Mahasiswa Kedokteran dalam Tutorial. Jurnal Kedokteran Universitas Lampung, 1(2), 302–307. https://doi.org/10.23960/jkunila.v1i2.pp302-307

Issue

Section

Articles Review