Hubungan Keaktifan Berorganisasi dengan Manajemen Waktu dan Indeks Prestasi Kumulatif pada Mahasiswa Angkatan tahun 2013 di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung

Hendra Efendi, Rika Lisiswanti, Merry Indah Sari, Betta Kurniawan

Abstract


Mahasiswa memiliki peran sebagai agen perubahan untuk aktif dalam berorganisasi tanpa mengabaikan prestasi akademiknya. Prestasi akademik mahasiswa diukur dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Mahasiswa memerlukan keterampilan yang baik untuk membagi waktu antara kegiatan akademik dan kegiatan organisasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keaktifan berorganisasi dengan manajemen waktu dan IPK pada mahasiswa angkatan tahun 2013 di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Metode penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik komperatif dan korelatif dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2016 di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Pengambilan sampel dilakukan dengan consecutive sampling dan diperoleh 40 responden untuk masing-masing mahasiswa yang aktif dan tidak aktif berorganisasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji komparatif Chisquaredan uji korelatif Gamma. Manajemen waktu berdasarkan keaktifan berorganisasi tidak menunjukkan perbedaan signifikan. Terdapat perbedaan signifikan IPK berdasarkan keaktifan berorganisasi dengan IPK yang lebih baik pada mahasiswa yang aktif berorganisasi. Tidak terdapat hubungan antara tingkat manajemen waktu dengan tingkat IPK.
Kata kunci : Fakultas kedokteran, indeks prestasi kumulatif, keaktifan berorganisasi, manajemen waktu

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.