Hubungan Gaya Belajar dan Keaktifan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dalam Diskusi Problem-Based Learning Blok Agromedicine

Tryda Meutia Anwar, Rika Lisiswanti, Anggraeni Janar Wulan, Fitria Saftarina

Abstract


Problem-Based Learning (PBL) merupakan salah satu strategi belajar aktif yang inovatif sehingga mahasiswa aktif dalam diskusi PBL. Metode PBL dilakukan oleh mahaiswa dengan cara bekerja sama dalam suatu kelompok kecil bertujuan membangun pengetahuan dengan menggunakan kasus masalah yang realistis sehingga menjadi pemicu dalam proses belajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi keaktifan peserta didik dalam PBL adalah gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar terhadap keaktifan peserta didik saat PBL. Desain penelitian yang digunakan adalah analitik cross-sectional dengan pengambilan total sampling pada populasi mahasiswa angkatan 2013 sebanyak 174 responden. Data gaya belajar responden didapatkan gaya belajar visual sebanyak 14 responden (8%), gaya belajar auditory sebanyak 43 responden (24,7%), gaya belajar read-write sebanyak 20 responden (11,5%), gaya belajar kinestetik 60 responden (34,5%) dan gaya belajar multimodal 37 responden (21,3%),setelah itu dilakukan uji statistik menggunakan uji chi square didapatkan nilai p <0,005. Terdapat hubungan yang bermakna antara gaya belajar dengan keaktifan mahasiswa saat Problem-Based Learning oleh karena itu penting untuk meneliti tentang bagaimana pengaruh gaya belajar bila dihubungkan dengan keaktifan mahasiswa saat Problem-Based Learningdi lingkup mahasiswa kedokteran untuk meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci: gaya belajar, keaktifan, problem-based learning, VARK.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.