Hubungan Status Gizi, Status Psikososial dan Status Domisili Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung

Setiawan Prayogi, Dian Isti Angraini, Oktafany Oktafany

Abstract


Status gizi, domisili dan psikososial manusia berperan dalam proses berpikir serta daya konsentrasi dan sangat berkaitan erat dengan efisiensi belajar. Keadaan status gizi, domisili dan psikososial yang baik akan berdampak pada prestasi belajar yang baik pula. Kecerdasan emosional sangat berhubungan dengan prestasi dan dengan kecerdasan emosional yang tinggi, misalnya ketika seorang anak berada dalam keadaan fokus maka mereka akan lebih mudah untuk menerima pelajaran yang diberikan oleh guru dan pada akhirnya mampu mencapai prestasi belajar memuaskan. Pada setiap proses belajar yang dilakukan secara terus menerus dan didukung dengan kecerdasan emosional yang cukup baik, prestasi akademik dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status gizi, domisili dan psikososial terhadap indeks prestasi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Penelitian ini merupakan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dengan sampel sebanyak 418 mahasiswa yang pengambilan datanya menggunakan kuisioner. Status gizi, domisili dan psikososial berhubungan dengan IPK mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.
Kata kunci: Status gizi, status psikososial, status domisili, indeks prestasi kumulatif.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.