Hubungan Kualitas Skenario Terhadap Keefektifan Diskusi Problem-Based Learning (PBL) Blok Emergency Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung

Putri Fitriana Eka Susanti, Rika Lisiswanti, Tri Umiana Soleha, Oktadoni Saputra

Abstract


Model Problem-Based Learning (PBL) merupakan salah satu inovasi melatih mahasiswa dalam berpikir kritis, kreatif, rasional dan meningkatkan pemahaman materi yang diajarkan serta memberi pengalaman nyata terhadap mahasiswa. Skenario dalam diskusi tutorial yang baik adalah masalah yang memenuhi beberapa karakteristik yaitu masalah harus mengarah pada isu-isu pembelajaran yang hendak dipelajari, mendorong ketertarikan dan keingintahuan mahasiswa, disajikan dalam format yang wajar seperti teks tidak terlalu panjang, mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis, mendorong mahasiswa untuk belajar secara mandiri dan bertanggung jawab terhadap proses belajar yang dilakukan, masalah harus jelas dan bisa diklarifikasi oleh mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas skenario terhadap keefektifan diskusi Problem-Based Learning (PBL) pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung blok emergency. Desain dalam penelitian ini menggunakan  Cross Sectional dengan jumlah sampel 168 responden dan pengambilan sampel dilakukan secara total sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat Chi-Square. Dari analisis diperoleh bahwa responden yang menyatakan kualitas skenario diskusi PBL baik sebanyak 91 responden (54,2%), dan yang menyatakan kurang baik 77 responden (45,8%),  yang menyatakan diskusi PBL efektif sebanyak 103 responden (61,3%), dan yang menyatakan tidak efektif  65 responden (38,7%). Terdapat hubungan antara kualitas skenario terhadap keefektifan diskusi Problem-Based Learning (PBL) bermakna dengan nilai p=0,001<0,05. Saran untuk meningkatkan kualitas skenario pendidikan pada mahasiswa peserta tutorial dalam penyusunan kurikulum yaitu skenario yang diberikan tidak tertutup atau terlalu singkat, sehingga dengan skenario yang terbuka namun tidak berlebihan akan mendorong peserta diskusi lebih aktif dan diskusi akan berjalan dengan efektif.

Kata kunci : keefektifan diskusi, kualitas skenario,  problem-based learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.