Persepsi Mahasiswa dan Dosen Terhadap Peranan Dosen Pembimbing Akademik di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung

Hanif Abdurrachman Latif, Rika Lisiswanti, Susianti Susianti

Abstract


Mahasiswa kedokteran pada jenjang pendidikan sarjana seringkali mengalami banyak tekanan dan masalah. Salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah mahasiswa kedokteran, terutama masalah akademik, adalah dengan konsultasi kepada Dosen Pembimbing Akademik (PA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa dan dosen terhadap peranan Dosen Pembimbing Akademik di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Tehnik pengambilan data dilakukan dengan metode in depth interview dan Focus Group Discussion (FGD). Subjek penelitian sebanyak 25 orang terdiri atas 5 orang dosen dan 20 orang mahasiswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2015-Januari 2016 di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Pengumpulan data dilakukan secara langsung oleh peneliti kemudian dilakukan analisis data dalam 4 tahap: transkripsi, koding, kategori dan tema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi bimbingan akademik mahasiswa dengan Dosen PA cukup baik. Peranan dosen PA selama ini di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung menurut persepsi mahasiswa dan dosen sebagian besar hanya sebatas formalitas dan pemberi validasi bagi dokumen yang dibutuhkan mahasiswa.
Sedangkan peranan Dosen PA yang seharusnya menurut mahasiswa dan dosen adalah sebagai konselor, evaluator dan motivator. Hambatan paling besar dalam melaksanakan proses bimbingan akademik adalah kesibukan dan persepsi yang salah. Simpulan pada penelitian ini adalah proses konsultasi akademik masih belum berjalan secara optimal.
Kata kunci: dosen pembimbing akademik, komunikasi, konselor, motivator, peran aktif, persepsi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.