Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Siswa Terhadap Perilaku Konsumsi Susu Di SMPN 1 Natar Lampung Selatan
Abstract
Perumbuhan anak usia sekolah dipengaruhi faktor internal dan eksternal. Dalam faktor eksternal terdapat hal penting yaitu gizi. Zat gizi yang sangat penting dalam menopang kebutuhan gizi anak sekolah salah satunya adalah susu. Susu sangat penting dikonsumsi oleh anak usia sekolah untuk memperoleh tumbuh kembang yang baik guna mencapai kualitas sumberdaya manusia yang lebih berkualitas. Kalsium merupakan substansi penting yang terkandung dalam susu. Pengetahuan anak-anak sangat berpengaruh dalam perilaku konsumsi susu. SMPN 1 Natar merupakan sekolah menengah pertama yang terletak di Jl.Negara Ratu no 36 Merak Batin, Natar. Tidak semua siswa-siswi di sekolah ini menerapkan perilaku konsumsi susu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap siswa terhadap perilaku konsumsi susu. Bentuk penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Data yang digunakan adalah data primer yang diambil dari siswa-siswi SMPN 1 Natar sebagai responden. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 764 siswa yang terdiri dari 392 siswa kelas 2 dan 372 siswa kelas 3. Dengan menggunakan teknik proporsional random samplingdidapatkan jumlah sampel kelas 2 sebanyak 135 siswa dan kelas 3 sebanyak 129 siswa. Alat yang digunakan berupa kuesioner terdiri dari 3 klasifikasi pertanyaan yaitu pengetahuan, sikap, dan perilaku. Hasil penelitian didapatkan siswa yang berpengetahuan baik sebanyak 153 orang (58%). Siswa yang memiliki sikap baik sebanyak 157 (59,46%). Pada analisis bivariat didapatkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna pada tingkat pengetahuan siswa terhadap perilaku konsumsi susu di SMPN 1 Natar dengan nilai p = 0,007. Selain itu didapatkan juga bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna pada sikap siswa terhadap perilaku konsumsi susu di SMPN 1 Natar dengan nilai p = 0,411
Kata kunci : Pengetahuan, sikap, perilaku, susu.