Hubungan Pengetahuan Kaidah Dasar Bioetika dan Sikap Penilaian Moral pada Mahasiswa Pre-Klinik dan Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung

Widya Pebryanti Manurung, Merry Indah Sari, Rizka Aries, Dwita Oktaria

Abstract


Salah satu metode untuk melatih cara berpikir logik mahasiswa kedokteran mengenai etika dan moral ialah dengan menggunakan kaidah dasar bioetika (KDB). Melalui pengetahuan KDB yang baik, diharapkan akan tumbuh rasa tanggung jawab etis dan sikap penilaian moral yang baik pula saat mahasiswa kedokteran dihadapkan pada kasus-kasus simulasi ataupun kasus sebenarnya yang berkaitan dengan dilema etik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan pengetahuan kaidah dasar bioetika dan sikap penilaian moral pada mahasiswa pre-klinik dan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Responden berjumlah 91 orang, dan digunakan dua jenis instrumen dalam penelitian ini yaitu Tes Kaidah Dasar Bioetika (KDB) dan Uji Penilaian Moral (UPM). Uji analisis yang digunakan untuk mengetahui perbandingan skor pengetahuan KDB diantara mahasiswa pre-klinik dan klinik adalah uji Mann-Whitney dengan hasil nilai p = 0,551. Pada uji perbandingan skor sikap penilaian moral digunakan uji T-test tidak berpasangan dan didapatkan nilai p = 0,014. Untuk menguji korelasi pengetahuan KDB dan sikap penilaian moral digunakan uji Spearman dengan korelasi pada mahasiswa pre-klinik didapatkan p = 0,000 dan pada mahasiswa klinik didapatkan p = 0,027. Dari penelitian diketahui tidak terdapat perbedaan skor KDB pada mahasiswa pre-klinik dan klinik, namun didapatkan perbedaan skor sikap penilaian moral pada mahasiswa pre-klinik dan klinik, serta terdapat hubungan pengetahuan kaidah dasar bioetika dan sikap penilaian moral pada mahasiswa pre-klinik dan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.
Kata kunci: Kaidah, KDB, mahasiswa kedokteran, uji penilaian moral

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.