Efektivitas Asam Klorogenik dalam Ekstrak Kopi Hijau untuk Penurunan Berat Badan Pasien Obesitas

Olivia Natania, Sofyan Musyabiq

Abstract


Obesitas merupakan penyakit multifaktorial yang terjadi akibat ketidakseimbangan pemasukan kalori dan pegeluaran energi sehingga menghasilkan akumulasi jaringan lemak yang dapat mengganggu kesehatan. Diagnosis obesitas ditegakkan melalui hasil anamnesis, pemeriksaan fisik, pengukuran antropometri dan pemeriksaan penunjang. Obesitas dapat terjadi akibat tidak seimbangnya hormon adiponektin dan leptin atau juga dapat terjadi akibat peningkatan oxidative stress (OS)
dalam tubuh. Tatalaksana pasien obesitas dipengaruhi dari besarnya indeks massa tubuh (IMT) dari pasien. Pemberian obat anti obesitas dapat dipertimbangkan pada pasien dengan IMT ≥27 kg/m2 dan IMT ≥30 kg/m2 yang disertai komplikasi atau yang tidak dapat menurunkan berat badan dengan perubahan gaya hidup saja. Obat anti obesitas dibagi menjadi dua kategori, yaitu anorexiants dan gastrointestinal fat blocker . Sedangkan untuk pasien dengan IMT ≥35 kg/m2 disertai kondisi medis lain yang serius dan pasien obesitas dengan IMT ≥40 kg/m2 dapat dipertimbangkan untuk operasi bariatrik. Kopi hijau adalah kopi yang tidak melewati proses pemanggangan sehingga masih mengandung asam klorogenik yang tinggi. Penggunaan ekstrak kopi hijau yang mengandung asam klorogenik dapat menurunkan berat badan pasien obesitas. Asam
klorogenik pada kopi hijau bekerja menurunkan berat badan dengan mempengaruhi regulasi adiponektin dan leptin, menurunan absorpsi glukosa dan menurunan OS sebagai antioksidan. Pada penggunaan suplemen ekstrak kopi hijau sebanyak 200 mg dua kali sehari selama 8 minggu terbukti menurunkan OS dalam tubuh, namun tidak menurunkan berat badan secara signifikan. Sedangkan, penggunaan kopi instan dengan 200 mg ekstrak kopi hijau selama 12 minggu dapat menurunkan berat badan. Penggunaan ekstrak kopi hijau pada anak-anak tidak dianjurkan. Efek samping yang timbul dapat berupa diare, cemas, gelisah, peningkatan detak jantung dan efek laksatif.
Kata Kunci: Asam klorogenik, ekstrak kopi hijau, obesitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.