Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Pembelajaran Keterampilan Klinik di Institusi Pendidikan Kedokteran

Authors

  • Oktadoni Saputra Bagian Pendidikan Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung
  • Rika Lisiswanti Bagian Pendidikan Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung

Keywords:

kemahiran keterampilan, keterampilan klinik, pembelajaran keterampilan klinik, skills-lab

Abstract

Keterampilan klinik merupakan komponen penting dalam pendidikan kedokteran. Pembelajaran keterampilan klinik saat ini sudah mengalami pergeseran dan sudah dimulai dari tahap pre-klinik pada setting khusus yang dikenal sebagai skills-lab. Namun demikian, pembelajaran keterampilan klinik pada setting skills-lab ini mempunyai beberapa kelemahan yaitu membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang banyak serta biaya yang cukup mahal. Simpulan, ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran keterampilan klinik di skills-lab tersebut, diantaranya adalah konten materi, metode penyampaian, peserta, instruktur, peralatan serta lingkungan pembelajarannya. Kesemua faktor tersebut harus berjalan dengan baik agar proses pembelajaran keterampilan klinik tersebut bisa mencapai tujuannya. [JuKe Unila 2015; 5(9):104-109]

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-03-15

How to Cite

Saputra, O., & Lisiswanti, R. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Pembelajaran Keterampilan Klinik di Institusi Pendidikan Kedokteran. JUKE Unila, 5(9), 104–109. Retrieved from http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/juke/article/view/641

Issue

Section

Tinjauan Pustaka