Hubungan Pengetahuan Mahasiswa Terhadap Penulisan Resep yang Baik dan Benar pada Mahasiswa Tahun Ke-empat Fakultas Kedokteran Universitas Lampung

Authors

  • Rasmi Zakiah Oktarlina
  • Putri Ria Ariyanti

Abstract

Resep merupakan permintaan tertulis dari dokter atau dokter gigi kepada apoteker. Menulis resep adalah hal kompleks karena membutuhkan pengetahuan dalam kemampuan diagnostik, pengetahuan tentang obat, kemampuan komunikasi dan kemampuan tentang farmakologi klinik. Meskipun menulis resep ada dalam kurikulum pendidikan dokter, namun kemampuan mahasiswa dalam menulis resep masih tergolong rendah, baik saat ujian atau saat lulus dan bekerja sebagai tenaga kesehatan profesional. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional yang bertujuan untuk mengetahuihubungan pengetahuan terhadap penulisan resep. Terdapat sebanyak 136 responden yang mengisi dua buah kuesioner, yaitu pengetahuan tentang resep dan penulisan resep. Hasil analisis univariat sebanyak 80 responden (58,8%) memiliki pengetahuan baik, 45 responden (33,1%) memiliki pengetahuan cukup, dan 11 responden (8,1 %) memiliki pengetahuan kurang. Pada penulisan resep, responden menulis dengan benar 74 responden (54,4%), dan responden menulis salah 62 responden (45,6%). Terdapat hubungan antara pengetahuan terhadap penulisan resep yang baik dan benar pada mahasiswa tahun ke-empat Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dengan p value=0,000 (p<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan bermakna antara pengetahuan terhadap penulisan resep yang baik dan benar pada mahasiswa tahun ke-empat Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.Kata kunci: mahasiswa kedokteran, pengetahuan, penulisan resep.

Downloads

Published

2019-06-25