Validasi Kuesioner Evaluasi Progress Test pada Mahasiswa Tahap Sarjana Kedokteran Universitas Islam Indonesia

  • Yeny Dyah Cahyaningrum
  • Utami Mulyaningrum
  • Pravitasari Pravitasari

Abstract

Pendidikan dokter berbasis kompetensi memiliki target tercapainya kompetensi dalam implementasinya. Untuk menilai hal ini dibutuhkan penilaian yang komprehensif di setiap tahun terhadap implementasi kurikulum dan capaian kompetensi mahasiswa. Hal inilah yang menjadikan latar belakang dilaksanakannya progress test (PT) di Fakultas Kedoketan Universitas Isam Indonesia (FK UII) selama 5 tahun terakhir. Pada tahun 2015, dilakukan evaluasi PT di akhir pelaksanaannya untukmelihat persepsi mahasiswa terhadap PT, persiapan mahasiswa dalam melakukan PT, dan kemampuan PT dalam menilai kemampuan kognitif mahasiswa. Penelitian ini melakukan validitas kuesioner dengan melakukan face validity, construct validity, dan reliabilitas pada kuesioner yang dilakukan. Kuesioner diberikan kepada 630 mahasiswa dalam 4 angkatan dalam pendidikan tahap sarjana kedokteran. Kuesioner yang lengkap terisi sejumlah 485 kuesioner. Face validity ini dilakukan dengan mengundang 10 mahasiswa dengan beberapa perwakilan angkatan mahasiswa. Construct validity dilakukan dengan menggunakan analisis product moment, dan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan cronbach alpha. Hasil penelitian ini menunjukkan face validity menyatakan 100% item kuesioner valid dan sesuai dengan kelompok item yang direncanakan. Semua item (30 item) dalam kuesioner evaluasi PT memenuhi kriteria reliabilitas (cronbach alpha >0.7). Uji known group validity pada jenis kelamin tidak ada perbedaan signifikan (p>0,05). Hasil analisis construct validity, 52% item kuesioner valid. Terkait dengan pengetahuan mahassiwa terhadap PT (37,5% valid), terkait dengan persiapan PT, item yang valid sebanyak 60%, terkait dengan kemampuan PT dalam menilai pengetahuan mahasiswa sebanyak 58,33 %.Kuesioner evaluasi PT dapat digunakan untuk mengevaluasi beberapa hal dalam PT. [JK Unila. 2016; 1(2)]Kata kunci: kemampuan kognitif, progress test, reliabilitas, validasi
Published
2016-10-01
How to Cite
Cahyaningrum, Y., Mulyaningrum, U., & Pravitasari, P. (2016). Validasi Kuesioner Evaluasi Progress Test pada Mahasiswa Tahap Sarjana Kedokteran Universitas Islam Indonesia. Jurnal Kedokteran Universitas Lampung, 1(2), 319-323. https://doi.org/10.23960/jkunila12319-323
Section
Articles Review